5 Cara Menjaga Stamina dan Energi Anda

5 Cara Menjaga Stamina dan Energi Anda

Energi, kekuatan, dan pola pikir yang benar sangat penting untuk mempertahankan aktivitas dalam waktu lama. Kombinasi dari faktor-faktor tersebut dikenal sebagai stamina.

Dengan mengembangkan stamina, kita dapat melakukan aktivitas fisik dan intelektual tanpa membuat diri kita lelah. Stamina dapat membantu melawan kelelahan dan stres.

Jika Anda merasa tingkat energi Anda agak rendah, berikut adalah lima tips terbaik tentang cara meningkatkan stamina:

1. Olahraga Rutin dan Aktivitas Fisik Aerobik

Jika Anda merasa lelah, melakukan aktivitas yang menuntut fisik mungkin tampak seperti pekerjaan yang berat. Namun, menurut penelitian, berolahraga dengan intensitas rendah dapat membantu mengurangi kelelahan hingga 65%.

Manfaat olahraga intensitas rendah terutama bagi mereka yang terus-menerus merasa lelah dan menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Selain meningkatkan tingkat energi, olahraga juga akan meningkatkan produksi dopamin dan serotonin. Peningkatan produksi dopamin akan meningkatkan fokus Anda. Sementara itu, serotonin akan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Sebelum melakukan rutinitas latihan apa pun, situs Wisata Lampung merekomendasikan untuk meninjau Panduan Aktivitas Fisik untuk orang Amerika.

2. Berpikiran Positif

Menurut penelitian, stres dapat menyebabkan kelelahan dan kelelahan. Untungnya, meditasi efektif dalam mengurangi gejala stres dan kecemasan.

Berada dalam pola pikir bebas stres akan meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus pada aktivitas sehari-hari. Anda dapat menerapkan meditasi dalam latihan seperti yoga. Pilihan lainnya adalah mencoba aplikasi meditasi terpandu seperti Stop, Breathe & Think.

3. Sesuaikan Kecepatan Anda saat Beraktifitas

Inti dari membangun stamina adalah melakukan aktivitas selama mungkin dengan sehat. Dengan segala cara, tidak realistis untuk mempertahankan upaya tingkat tinggi dari awal hingga akhir dengan suatu aktivitas.

Misalnya, jika Anda ingin terus berlari, kami sarankan untuk memperlambat saat Anda mulai merasa lelah. Setelah Anda pulih, Anda dapat mengambil lebih banyak kecepatan. Tujuan memperlambat adalah untuk menghindari berhenti. Jenis pelatihan ini akan membantu Anda menahan latihan untuk waktu yang lebih lama.

Anda bisa menerapkan pola pikir ini saat mengerjakan aktivitas intelektual. Misalnya, jika Anda mulai merasa kewalahan dengan suatu tugas, coba hancurkan dan selesaikan beberapa tugas yang lebih sederhana sebelum mengerjakan tugas yang lebih rumit. Ini akan memberi Anda istirahat mental saat mengerjakan tugas terus menerus tanpa istirahat fisik.

4. Tingkatkan Mood Anda Dengan Musik

Bagaimana cara membangun stamina dengan musik? Musik mampu mengubah mood kita, bahkan saat berolahraga. Menurut sebuah penelitian, dewasa muda dapat memperpanjang durasi latihan mereka dengan mendengarkan musik.

Untuk aktivitas mental, beberapa jenis musik mungkin bermanfaat. Misalnya, survei HYDE High School melaporkan peningkatan produktivitas pada 86% siswa yang mendengarkan musik Lo-Fi (dengarkan jenis musik ini di sini). Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat musik Lo-Fi, tetapi cobalah dan lihat apakah itu membantu produktivitas Anda.

5. Makan Makanan Sehat

Nutrisi adalah salah satu elemen terpenting untuk meningkatkan tingkat energi dan stamina Anda. Selain itu, makan makanan yang sehat membantu hal-hal berikut:

  • Mempengaruhi produksi serotonin
  • Mengatur gula darah
  • Perkuat sistem kekebalan Anda
  • Mengatur kadar kolesterol

Selain nutrisi yang baik, penting juga untuk tetap terhidrasi. Jika tidak, dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan.