Kurang Minum Berakibat Timbul Penyakit

Kurang Minum Berakibat Timbul Berbagai Macam Penyakit

Kurang minum bukan cuma membuat tubuh jadi dehidrasi, tetapi juga menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya, salah satunya tekanan darah tinggi.

Simak berbagai macam penyakit lainnya yang bisa timbul gara-gara kurang minum seperti yang dilansir dari Mother Nature Network berikut ini.

1. Tekanan darah tinggi

Darah umumnya terdiri dari 92 persen air ketika tubuh terhidrasi dengan sempurna. Tetapi jika kurang minum, darah menjadi lebih kental dan membuat tekanan menjadi lebih tinggi. Dehidrasi pun akhirnya bisa berujung pada tekanan darah tinggi.

2. Kelelahan

Air adalah sumber energi penting bagi tubuh manusia. Meskipun tidak mengandung kalori sama sekali, air putih berperan sebagai penjaga keseimbangan kinerja enzim dalam mengelola energi. Jika kurang minum, tubuh akhirnya kelelahan dan tidak mampu beraktivitas.

3. Asma dan alergi

Ketika dehidrasi, tubuh membatasi keluar masuknya udara demi menjaga kadar air dalam tubuh. Namun dampaknya, tubuh semakin rentan terhadap gangguan kecil dari luar, seperti asma dan alergi. Jika hal tersebut tak ingin terjadi, jangan malas minum air putih.

4. Gangguan kulit

Air membuat kulit tetap kenyal dan lembap. Namun apa yang terjadi jika seseorang malas minum air? Kulit menjadi kering, sensitif, dan mudah terkena iritasi. Bukan cuma itu, kulit akan lebih cepat keriput dan rentan terkena gangguan lainnya.

5. Kolesterol tinggi

Saat dehidrasi, tubuh akan memproduksi lebih banyak kolesterol untuk mencegah keluarnya cairan dari dalam sel. Akibatnya, kadar kolesterol semakin tinggi dan tubuh berisiko terkena berbagai macam penyakit kronis.

6. Gangguan ginjal

Tugas ginjal dan kandung kemih adalah organ penting yang membantu tubuh mengeluarkan racun-racun berbahaya. Tetapi jika dehidrasi, akumulasi racun dan asam tidak mampu dibuang dengan sempurna. Ginjal dan kandung kemih akhirnya rentan terkena infeksi, inflamasi, dan gangguan lainnya.

7. Gangguan pencernaan

Penyakit berikutnya yang bisa ditimbulkan gara-gara kurang minum adalah gangguan pencernaan. Sebab air dibutuhkan dalam proses menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Beberapa gangguan pencernaan yang bisa terjadi adalah maag, asam lambung, dan heartburn.

8. Radang sendi

Seluru persendian yang menjadi kering akibat kurangnya cairan dalam tubuh bisa bermasalah. Sebab jaringan antar persendian semakin melemah dan sulit melakukan perbaikan. Akibatnya, tubuh terasa nyeri dan sakit ketika digunakan untuk bergerak.

9. Gendut

Sel-sel akan menyusut ketika tubuh mengalami dehidrasi. Perubahan itu pun mendorong seseorang makan lebih cepat dan lebih banyak. Jika dibiarkan, kurang minum sama dengan membuat tubuh semakin gendut.

10. Penuaan dini

Dehidrasi kronis membuat berbagai organ semakin keriput. Jika organ dalam mengalami penuaan, penampilan luar jelas ikut menjadi buruk.

Agar hal tersebut tidak terjadi, selalu penuhi anjuran minum delapan gelas sehari. Coba minum air putih segelas setelah dan sebelum tidur, kemudian masing-masing dua gelas setelah makan.