10 Makanan Khas Manado Paling Populer & Terenak

10 Makanan Khas Manado Paling Populer & Terenak

Manado, terletak di Sulawesi Utara, Indonesia, dikenal dengan kekayaan kuliner yang menggugah selera. Makanan khas Manado terkenal akan cita rasanya yang tajam dan berani, dengan penggunaan rempah-rempah yang kaya serta tingkat kepedasan yang tinggi. Berikut adalah sepuluh makanan khas Manado yang populer dan diakui kelezatannya:

Promo Shopee Terbaru

1. Tinutuan (Bubur Manado)

Tinutuan atau Bubur Manado adalah sarapan khas yang terbuat dari campuran sayuran seperti kangkung, labu siam, jagung, dan daun kelor. Ini adalah bubur yang tidak manis, biasanya disajikan dengan sambal roa dan ikan asin, memberikan perpaduan rasa yang sehat dan segar.

2. Ayam Rica-Rica

Makanan ikonik ini terbuat dari ayam yang dimasak dengan bumbu yang terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, dan daun jeruk. Ayam Rica-Rica dikenal dengan cita rasanya yang pedas dan sedikit asam, mencerminkan kekayaan rempah Manado.

3. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu adalah ikan cakalang yang telah diasap dan kemudian bisa diolah dengan berbagai cara, salah satunya adalah dibumbui dan digoreng atau dimasak dengan santan. Rasanya yang gurih dan aroma asapnya yang khas membuat hidangan ini sangat disukai.

4. Woku Belanga

Woku adalah metode memasak khas Manado yang menggunakan daun seperti daun pandan, daun kemangi, daun jeruk, serai, dan tomat. Ikan, ayam, atau daging dimasak dalam bumbu woku ini hingga meresap dan memberikan aroma serta rasa yang kuat dan khas.

5. Sambal Roa

Sambal yang satu ini menjadi favorit banyak orang, terbuat dari ikan roa, sejenis ikan terbang yang diasap. Sambal Roa memiliki rasa yang khas dengan kombinasi pedas, asam, dan gurih yang membuatnya cocok dipadukan dengan berbagai hidangan.

Promo Lazada Terbaru

6. Paniki

Salah satu hidangan yang paling unik dari Manado adalah Paniki, yang terbuat dari daging kelelawar. Meskipun mungkin terdengar mengejutkan bagi sebagian orang, Paniki adalah makanan tradisional yang dihargai karena rasa dagingnya yang khas dan lezat, biasanya dimasak dengan santan dan rempah-rempah.

7. Klappertart

Klappertart adalah dessert yang manis dari Manado, terbuat dari kelapa muda, susu, mentega, dan ditaburi kismis serta kenari. Dessert ini merupakan warisan dari pengaruh kuliner Belanda di Manado.

8. Garo Bunga Pepaya

Makanan ini terbuat dari bunga pepaya yang direbus dan dimasak dengan campuran ikan asin, cabai, dan rempah-rempah lainnya. Garo Bunga Pepaya menawarkan rasa yang sangat khas dengan sedikit pahit yang diimbangi oleh rasa pedas dan gurih.

9. Dabu-Dabu

Mirip dengan sambal, Dabu-Dabu adalah jenis condiment segar yang terbuat dari tomat, cabai, bawang merah, dan perasan jeruk nipis. Sering kali dihidangkan sebagai pendamping ikan bakar atau goreng.

10. Babi Putar

Ini adalah versi Manado dari babi panggang. Babi putar dibumbui secara tradisional dan dipanggang hingga kulitnya renyah sementara dagingnya tetap lembut dan juicy. Ini adalah pilihan populer untuk perayaan dan acara khusus.

Kuliner Manado sangat beragam dan menawarkan petualangan rasa yang unik untuk pecinta makanan pedas dan berbumbu. Setiap hidangan mencerminkan kekayaan tradisi kuliner serta keberanian dalam menggunakan bahan-bahan yang mungkin tidak ditemukan di tempat lain. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Manado, pastikan untuk mencicipi beberapa, jika tidak semua, dari kelezatan khas ini.

Bagikan:

Tags

Avatar photo

Selfy A

Selfy berfokus pada fashion yang ramah lingkungan dan etis.